Touchscreen Sering Error di Android? Begini Cara Mengatasinya


Disharein.com, Jakarta - Penggunaan Touchscreen pada ponsel di zaman sekarang ini merupakan hal yang mainstrem. Bahkan sudah sangat sedikit orang yang menggunakan ponsel Non touchscreen, ini karena perkembangan dalam dunia teknologi sangatlah pesat setiap hari bahkan setiap detik pasti ada Teknologi terbaru yang muncul dimana-mana.

Namun walaupun secanggih apapun tekonologi itu pasti tidak akan pernah terlepas dari yang namanya 'Error' atau masalah. Dan yang akan kita bahas disini adalah Error yang sering terjadi pada touchscreen di Ponsel Android yang dimaksudkan terjadi Error pada touchscreen ini ialah tidak meresponya layar ponsel ketika kita menyentuhnya.

Error pada touchscreen di ponsel android, bisa dikatakan ini adalah hal yang lumrah atau seringkali terjadi pada setiap pengguna Android. Wajar jika error, karena aktivitas kita menyentuh layar ponsel sangat lah banyak, tiap detik pasti kita menyentuh ponsel kita jadi bisa di bayangkan 1 hari bisa berapa kali kita menyentuh layar ponsel kita? dari aktivitas kita sendirilah yang menyebabkan munculnya Error pada layar sentuh ponsel kita.

Jika sobat mengalami masalah yang disebutkan di atas tadi, sobat tak perlu panik dan buru-buru membawa ponsel sobat ke Service Center karena disini saya akan menunjukan cara mengatasi Error Touchscreen pada ponsel Android.

1. Restart Perangkat
Cara yang pertama ini, cara yang paling simpel yaitu dengan merestart ponsel kita jika terjadi Error Toucscreen secara tiba-tiba. Caranya dengan menekan lama tombol power kemudian pilih 'Restart'. Jika tidak bisa, dikarenakan layar ponsel yang tidak merespon lagi, silahkan menekan lama tombol Power untuk mematikan ponsel.

2. Lepaskan Screen Protector (Pelindung Layar)
Kebanyakan ponsel Android saat ini selalu memakai screen protector tujuanya untuk melindungi layar ponsel dari goresan serta hantaman saat jatuh. Namun kekurangan dari menggunakan pelindung layar ini terkadang plastik atau kaca dari screen protector ini bisa menghambat respon sentuhan jika terjadi error pada layar coba lepaskan screen protector tersebut.

3. Install Aplikasi Perbaikan Layar
Touchscreen error bisa diperbaiki dengan aplikasi perbaikan layar anda bisa mendownloadnya di Playstore dengan kata kunci 'Touchscreen Repair'. Aplikasi ini bergungsi mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons atau menurunkan lantensi layar seoptimal mungkin,

4. Install Aplikasi Display Tester
Selain aplikasi Touchscreen Repair yang barusan dijelaskan di atas ada juga aplikasi Diagnosa Display, silahkan di download di Google Play Store aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Fungsi dari aplikasi ini sebagai pendeteksi kerusakan layar ponsel. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam tes yang bisa anda pilih seperti mendeteksi burn-in layar OLED, status multi-touch, dead pixels, dll.

Anda dapat melihat hasil tes dari aplikasi ini, jika mendapatkan hasil yang positif di uji multi-touch, berarti touchscreen anda berfungsi dengan normal. Berarti error yang terjadi pada layar ponsel anda bukan karena kerusakan layar ponsel tetapi kemungkinan terjadi error pada salah satu aplikasi pihak ketiga yang terpasang pada ponsel anda sehingga mempengaruhi respon sentuhan pada layar ponsel.

5. Beralih ke Safe Mode
Jika layar ponsel error silahkan anda masuk ke Safe Mode di Android, caranya tekan dan tahan tombol power secara bersamaan setelah itu anda akan melihat prompt atau menu untuk masuk ke Safe Mode.

Safe Mode ini adalah penggunaan ponsel dengan software kosong artinya tidak ada layanan atau aplikasi yang telah anda instal sebelumnya. Jika di mode ini layar ponsel anda merespon dengan baik saat di sentuh berarti ada kemungkinan besar error pada layar ponsel anda disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang anda instal.

Jika anda bingung dengan aplikasi mana yang menyebabkan error pada layar ponsel. Silahkan mempertimbangkan untuk lakukan factory reset (Reset total), gunanya untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik atau pengaturan awal. Maka dengan cara ini ponsel anda kan kembali seperti baru lagi dengan aplikasi standart bawaan ponsel tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Touchscreen Sering Error di Android? Begini Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email