Belajar Teknik dan Mindset Seorang 'Copywriter'


Disharein - Apakah sobat seorang penjual online atau pedagang online ? Jika benar sobat sekalian yang membaca artikel ini adalah seorang pedagang atau pebisnis online. maka sobat wajib mempelajari teknik yang akan saya bahas di artikel kali ini. Seperti yang sobat baca pada judul artikel ini yaitu 'Copywriter', ini lah teknik yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Namun hal yang harus sobat ketahui terlebih dahulu sebelum kita masuk pada pembahasan Tekniknya. saya akan menjelaskan sedikit tentang Apa sih 'Copywriter' itu dan apa hubungan dan kegunaanya untuk seorang pedagang online yang senang berjualan di Media-media sosial seperti dewasa sekarang ini. untuk itu langsung saja disimak pembahasan dibawah ini.

Copywriter itu apa ?

Copywriting merupakan teknik membuat sebuah tulisan atau Headline pada produk yang akan dipasarkan. Dari hasil riset pada headline produk yang penjualanya tinggi dari kompetitor / atau pesaing bisnis kita. Tujuan menggunakan teknik ini yaitu untuk meningkatkan angka Konversi atau penjualan produk kita. Pegiat Copywriting ini atau penulisnya di istilahkan sebagai Copywriter.

Perlu sobat ketahui seorang Copywriter itu tidak sama dengan seorang penulis konten artikel blog dan penulis-penulis lainya. Seorang copywriter tujuan tulisanya untuk mengajak para pembaca atau para calon pembeli produk kita secara tidak sengaja yang statusnya hanya sebagai 'Calon' menjadi seorang Pembeli dari produk yang kita jual. jadi disini sobat perlu membedakan seorang punulis artikel blog dan seorang Copywriter.

Kempampuan Copywriting sangat penting bagi para Pegiat bisnis online. Tidak sembarangan dan semudah yang sobat bayangkan 'Ah hanya nulis headline doang, itu mah gampang', saya katakan tidak semudah itu Ferguso. Tidak semua penulis yang mampu melakukan teknik ini. Jika teknik Copywriting ini dilakukan secara benar maka meskipun produk sobat jual itu sama dengan produk yang dijual oleh kompetitor sobat, itu akan mendapatkan tanggapan yang berbeda dari calon pembeli artinya penjualan produk sobat bisa lebih menarik perhatian dibandingkan kompetitor.

Oleh karena itu Jasa seorang Copywriter bayaranya lebih mahal ketimbang penulis konten atau artikel blog pada umumnya. karena selain dia sebagai seorang penulis dia juga menjadi seorang marketing. Namun disini sobat tidak perlu membayar mahal seorang Copywriter untuk meningkatkan omset penjualan sobat. Di artikel ini saya akan memberikan terknik Copywriting yang saya ketahui.

Teknik dan Cara Berpikir Seorang Copywriter

Disini saya tidak akan membahas secara terpisah, saya akan menggambungkan Teknik dan Mindset Copywriter. kenapa saya gabung 2 hal ini karena teknik itu akan bisa sobat terapkan secara otomatis kalau Mindset sobat sudah terbentuk jadi yang perlu sobat pahami disini bagaimana cara berpikir seorang Copywriter.

1. Copywriter itu bukan hanya seorang penulis

Cara beripikir yang pertama ini, seperti yang saya jelaskan diatas tadi jangan pernah berpikir bahwa Copywriter itu hanya seorang penullis. Memang secara harfiah pada zaman dulu itu, media Priklanan lebih banyak dominan dengan tulisan maka dari itu lah muncul istilah sebagai Writing. Tapi semua itu seiring berkembangnya zaman ke zaman modern. Media Perikanan atau media pemasaran pun ikut berkembang mengikuti trend masa kini. Jadi, kalau pada zaman dulu itu iklan hanya dalam berbentuk Teks atau tulisan, sekarang media pemasaran berkembang kedalam bentuk Gambar, audio bahkan Video.

Oleh karena itu seorang Copywriter harus mempunyai ilmu dalam bidang Desain grafis. Namun tidak hanya itu seorang Copywriter pun juga wajib mempelajari ilmu Psikologi manusia, gunanya agar dia mampu mengendalikan pikiran seorang calon pembeli yang membaca caption atau deskripsi dari produk yang di jual.

2. Jangan Berjualan Untuk Banyak Orang ?

Sebuah kesalahan besar yang sering dilakukan para Pembisnis Online tanpa ia sadari adalah Menargetkan iklanya ke semua kalangan dengan harapan agar semua orang bisa membeli produk yang dia Jual. Hal ini memang kelihatan bagus, tapi bagus dimata orang awam, sedangkan dikalangan Pebisnis yang pro ini adalah sebuah kesalahan. Cara promosi seperti ini hanya akan merugikan kita sendiri karena Promosi yang tidak tepat sasaran dan terkesan memaksakan.

Tidak semua orang didunia ini menyukai Kopi, tidak semua orang di dunia ini membutuhkan Mobil, dan tidak semua orang di dunia ini membutuhkan Motor. Jadi cara yang benar itu seperti apa ?
Cara promosi yang baik dan benar itu kita harus tau seperti apa Produk kita dan Siapa-siapa yang membutuhkan produk kita mulai dari usianya, jenis kelaminya, hobinya apa dll. Jadi promosi kita benar-benar tertarget dan  Teknik Copywriting headline pada produk kompetitor kita lebih powerfull. Karena nggak mungkin juga kita jualan Moge alias Motor Gede ke Orang yang usianya sudah 60 tahun, yang ada iklan kita malah di baned sama si kakek hehehe.

3. Berpikirlah sebagai Manusia, bukan sabagai Bot (Robot)

Seorang Copywriter harus pandai menggunakan tatabahasa yang baik, sehingga keterangan yang dia buat itu terlihat Profesional dan menarik dimata calon pembeli. Maksud kalimat 'Berpikirlah sebagai manusia bukan bot' yaitu buatlah Headline atau Deskripsi dari produk yang kita iklankan kata-katanya mudah dipahami semua orang. Buatlah kata-kata dalam promosi itu seolah-olah kita sedang berbicara di depan konsumen, menawarkan produk kita sebagai Solusi dari permasalahan yang di alami konsumen.

Contohnya seperti ini "Kabar Baik Bagi Anda yang Wajahnya ber Jerawat, Dalam waktu 3 Jam Jerawat Diwajah Anda Akan Bersih Secara Total, INI OBATNYA !" dikasih gambar-gambar atau video testimoni. Jadi dengan headline yang menarik perhatian membuat orang penasaran seperti ini orang pasti akan meninjau produk yang anda tawarkan. Jangan menggunakan kata-kata Istilah yang membuat konsumen jadi bingung dan kurang mengerti.

Itulah 3 Pola pikir yang harus di Set ketika ingin menjadi seorang 'Copywriter', semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Dan jangan lupa untuk Share artikel ini. Terimkasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya. *Dsr

Tidak ada komentar untuk "Belajar Teknik dan Mindset Seorang 'Copywriter'"

Berlangganan via Email